menyalakan lampu disiang hari

Dampak teknis bagi sepeda motor menyalakan lampu secara terus- menerus siang malam, akan terjadi pada bagian listrik yang menyebabkan tingkat keausan komponen lampu dan aki. Ini karena dinamo pengisian arus listrik ke aki harus bekerja ekstrakeras. Seperti dikatakan Sofian, teknisi dari Spartak Aki Servis yang memiliki pengalaman puluhan tahun. Aki sepeda motor dirancang untuk menyuplai arus listrik keperluan mesin dan lampu pada pemakaian malam.

Lampu motor di malam hari jam operasionalnya relatif tidak lama sehingga aki motor akan bisa terisi lebih maksimal meski lampu hidup terus dalam kecepatan normal. ” Bila lampu menyala siang hari, maka beban aki tambah berat. Bukan hanya kerja double tapi juga ekstrakeras. Itu disebabkan pengisian aki tidak sempurna akibat kecepatan rendah di jalan macet,” katanya.

Keausan bukan hanya pada lampu yang 2 kali lebih cepat putus, air aki juga cepat menguap di bawah batas minimal 2 hingga 3 kali lipat. Kemudian komponen lain seperti kiprok perubah arus listrik untuk pengisian aki juga akan kerja double. Ini membuat pemilik motor harus lebih sering mengecek air akinya. Kalau tadinya cukup 3 minggu sekali, kini setiap minggu atau 10 hari harus di periksa.

Begitu pula bensin akan lebih boros karena kerja mesin tambah berat. Pada owner manual (buku panduan) motor, juga disebutkan agar menyalakan lampu seperlunya hanya pada malam hari untuk keawetan bagian listrik/aki

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: