Dultoha

Saya dilahirkan disalah satu dusun yang bernama Bojongsari, kecamatan Losari dan Kabupaten Brebes. Pada hari Rabu tanggal 4 Januari 1978. Saya anak kedua dari lima bersaudara, Tiga laki-laki dan dua perempuan. Orang tua saya seorang petani, berhubung di desa saya tidak mengenal irigasi maka hanya mengandalkan dari hujan (sawah tada hujan) jadi hanya satukali setahun. Bapak saya termasuk orang yang ulet dan tekun. dari segala bidang. Pertanian, Bangunan, Perdagangan dan revarasi bisa dia lakukan. Padahal Dia sekolah dasar saja tidak lulus. Sayang bakat tersebut tidak ada yang menurun terhadap anak-anaknya, termasuk saya.

Sejak kecil kami dididik untuk bekerja keras, hampir setip hari minggu kami keladang untuk bekerja dan belajar masalah pertanian. Sementara teman-teman kami asyik menonton album minggu (di TVRI). Jika sore tiba kamipun dibagi tugas untuk membantu ibu. Kakak saya urusan peternakan yaitu memasukan ayam-ayam peliharaan, saya sendiri bertugas mengisi bak mandi, waktu itu belum ada pompa air seperti sanyo. selain tugas itu adalah menyapu halaman. Adik-adik saya bertugas membantu ibu didapur karena mereka perempuan.
Dari kecil kami selalu dengan Ibu karena Bapak bekerja sebagai pedagang di daerah Kalijati Subang untuk mengisi waktu jika sawah dan ladang kami tidak bercocok tanam atau menunggu musim panin tiba. Walau pun hanya dengan Ibu kami merasa takut untuk melanggar atau tidak menjalankan tugas rutin harian, karena jika ada salah satu dari kami yang membangkang atau bandel maka jika Bapak pulang akan diadili dan dihukum. itu yang membuat kami takut dan segan.
Dikeluarga kami seperti ada jam malam, jika waktu magrib tiba kamipun bergegas ke Masjid untuk menuntut ilmu agama sampai waktu isa tiba. Selepas Isya kami pun dilarang bermain diluar kecuali jika terang bulan, Maklum belum ada listrik jadi cahaya bulan sangat berarti,

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: