Sang Juara

Jika ditanya, manakah negara yang memiliki pendidikan terbaik di dunia? Bisa jadi hampir sebagian dari Sobat Zakat menjawab Amerika dengan Universitas Harvard dan Massachusetts Institute of Technology (MIT)-nya atau Inggris dengan Universitas Oxford, serta Jerman dan Jepang yang telah tersohor sebagai negara dengan kualitas pendidikan yang patut diacungi jempol.

Namun sebuah situs di halaman wordpress.com menjabarkan bahwa negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik adalah Finlandia. Kuncinya terletak pada kualitas guru. Di Finlandia hanya ada guru-guru dengan kualitas terbaik dengan pelatihan terbaik pula. Jika negara-negara lain percaya bahwa ujian dan evaluasi bagi siswa merupakan bagian yang sangat penting bagi kualitas pendidikan, Finlandia justru percaya bahwa ujian dan testing itulah yang menghancurkan tujuan belajar siswa. Oleh karena itulah siswa di sana sangat diperbolehkan melakukan kesalahan kemudian membandingkan pekerjaan mereka kala itu dengan sebelumnya. Tujuannya tentu saja agar mereka bangga terhadap diri sendiri.

Pemaparan mengenai negara dengan kualitas pendidikan terbaik tersebut bukanlah sebuah realitas yang sengaja ditulis untuk dibandingkan dengan pendidikan di Indonesia. Namun setidaknya dapat menjadi motivasi bagi para praktisi dan stakeholder pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negara ini. Rakyat Indonesia patut bersyukur karena anggaran pendidikan yang dialokasikan pemerintah pada 2010 mengalami peningkatan sebesar Rp11,9 triliun sehingga menjadi Rp 221,4 triliun (www.okezone.com). Dengan demikian berjalannya pendidikan gratis selama 9 tahun tetap dapat terus berjalan.

Hal tersebut tentunya memerlukan dukungan dari semua pihak agar laju Indeks Pembangunan Manusia  (IPM) yang masih menempatkan Indonesia pada urutan ke-111 dari 176 negara (Human Development Report 2009 UNDP) bisa ditingkatkan dengan lebih cepat. Oleh Karena itulah sebagai salah satu Non Goverment Organization (NGO) yang bergerak di bidang sosial religius, Rumah Zakat berkomitmen menjadi mitra semua pihak untuk memajukan pendidikan Indonesia. Dan melalui Merangkai Senyum Indonesia, Rumah Zakat mempersembahkan beragam program pendidikan yang terangkum dalam sebuah pendekatan pemberdayaan bernama Senyum Juara. Salah satu program yang ada di dalam payung Senyum Juara adalah Sekolah Juara. Sesuai namanya, Sekolah Juara merupakan pendekatan pemberdayaan yang bertujuan untuk menyediakan pendidikan gratis berkualitas bagi anak-anak tak mampu sehingga mereka menjadi juara sesuai dengan potensinya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: