CARA INSTAL APLIKASI E-FAKTUR

E-Faktur atau Faktur Pajak yang berbentuk elektronik merupakan faktur pajak yang dibuat melalui aplikasi atau sistem elektronik yang ditentukan dan/atau disediakan oleh DJP. Sejak Juli 2014, sebanyak 45 perusahaan telah ditetapkan sebagai peserta pilot project e-Faktur.

Bulan Juli 2015 direncanakan program ini akan diberlakukan untuk Pengusaha Kena Pajak (PKP) seluruh Jawa dan Bali. Sedangkan pemberlakukan e-Faktur secara nasional akan secara serentak dimulai pada 1 Juli 2016.

Untuk Instalasi dan Aplikasi E-Faktur atau Faktur Elektronik, dapat dilihat pada penjelasan berikut:

e-Faktur Pajak adalah aplikasi perpajakan yang digunakan untuk membantu Wajib Pajak dalam pembuatan Faktur Pajak Elektronik dan SPT Masa PPN sesuai dengan ketentuan perundangan – undangan yang berlaku.

System Requirement
Setiap aplikasi memiliki spesifikasi kebutuhan yang berbeda agar dapat dijalankan di komputer user. Rekomendasi kebutuhan untuk dapat menjalankan aplikasi e-Faktur Pajak adalah:
1. Perangkat Keras:
• Processor Dual Core
• 3GB RAM
• 50 GB Harddisk space
• VGA dengan minimal resolusi layar 1024×768
• Mouse
• Keyboard
2. Perangkat lunak:
• Sistem Operasi : Linux I Mac OS I Microsoft Windows
• Java versi 1.7
• Adobe Reader
• Terhubung dengan jaringan internet baik direct connection ataupun proxy.

lnstalasi
Ada 6 jenis folder Aplikasi e-Faktur yang disediakan berdasarkan Sistem Ope.rasi nya yaitu:
• e-Faktur Windows 32 bit, aplikasi bisa di download di http://svc.efaktur.pajak.go.id/installer/EFaktur_Windows_32bitzip
• e-Faktur Windows 64 bit, aplikasi bisa di download di http://svc.efaktur.pajak.go.id/installer/EFaktur_Windows_64bitzip
• e-Faktur Linux 32 bit, aplikasi bisa di download di http://svc.efaktur.pajak.go.id/installer/EFaktur_lin32.zip
• e-Faktur Linux 64 bit, aplikasi bisa di download di http://svc.efaktur.pajak.go.id/installer/EFaktur_Lin64.zip
• e-Faktur Macinthos 64 bit, aplikasi bisa di download di http://svc.efaktur.pajak.go.id/installer/EFaktur_Mac64.zip
Untuk menjalankan Aplikasi e-Faktur Pajak tidak diperlukan instalasi apapun. Pilih folder Aplikasi e-Faktur yang sesuai dengan jenis Sistem Operasi komputer user kemudian pindahkan folder tersebut ke komputer user. Lokasi penyimpanan folder Aplikasi bebas.
Folder Aplikasi e-Faktur berisi:
1. ETaxlnvoice
2. ETaxlnvoiceMain
3. ET axlnvoiceUpd
4. folder lib
5. mem_config.bat
6. folder java
7. ET axlnvoice .config
8. ETaxlnvoiceMain.config
9. ET axlnvoiceUpd. config
Apabila folder Aplikasl e-Faktur hanya be.risi file dari nomor 1 s.d 5, maka pastikan terlebih dahulu bahwa komputer user telah terinstall Java versi 1.7 Jika belum ada maka install Java terlebih dahulu.
Setelah dijalankan, aplikasi akan membuat dua folder yaitu folder db dan folder log. Folder db merupakan folder untuk menyimpan database aplikasi e-Faktur. Sedangkan folder log berisi log Aplikasi e-Faktur.
Selain dua folder tersebut, terdapat folder backup. Folder inl berisi backup folder db yang dilakukan apabila ada proses autoupdate aplikasi.
Pastikan unluk melakukan backup folder db ditempat lain, Sehingga apabila terjadi kerusakan PC ataupun aplikasi masih ada backup dalabasenya.

Konfigurasi Maksimum Memori Aplikasi e-Faktur
Untuk meningkatkan performansi aplikasi, telah disediakan fitur untuk mengatur besamya memori maksimal yang bisa digunakan aplikasi e-Faktur. Secara default maksimum memory yang digunakan aplikasi e-Faktur adalah 1/4 free memory PC.
Sebelum menjalankan konfigurasi ini, pastikan aplikasi e-Faktur tidak sedang berjalan.
Maksimum memori aplikasi e-Faktur bisa diatur dengan cara sebagai berikut :

1. Buka folder aplikasi, jalankan memo_config.bat

One

2. lsikan besarnya maksimum memory yang akan dialokasikan (dalam MegaByte) kemudian tekan enter. Untuk mereset maksimum memory ke nilai default, kosongkan dan tekan enter.

One

3. Ketikkan y untuk menjalankan aplikasi EFaktur.
a. Apabila konfigurasi berhasil, akan tampil aplikasi e-Faktur
b. Apabila free memori yang tersedia tidak cukup akan tampil notifikasi spesifikasi minimum untuk menjalankan aplikasi e-Faktur.

Update Aplikasi
Aplikasi e-Faktur Pajak dilengkapi dengan fitur Auto Update sehingga setiap DJP mengeluarkan versi aplikasi e-Faktur Pajak terbaru, aplikasi lama akan langsung mengupdate ke versi terbaru tersebut. Untuk dapat melakukan autoupdate pastikan Aplikasi e-Faktur terhubung dengan internet.
Autoupdate aplikasi dilakukan pada saat aplikasi e-Faktur Pajak dijalankan dan pada saat user menggunakan fitur Aplikasi e-Faktur Client-Server.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses AutoUpdate berjalan dengan sempurna :
1. Pastikan untuk selalu menjalankan aplikasi dari ETaxInvoice.exe
2. Pada saat DJP mengeluarkan release update aplikasi terbaru, perhatikan langkah – langkah berikut ini :
a. Akan tampil proses autoupdate yakni mendownload release aplikasi terbaru. Setelah proses update selesai, klik tombol Close.

b. Jalankan kembali aplikasi dari ETaxInvoice.exe. Apabila release aplikasi terbaru memerlukan update database akan tampil form Loading untuk menjalankan program ETaxInvoiceUpd.exe. Tunggu proses selesai hingga tampil form Koneksi Database

Ringkasan Penggunaan Aplikasi
1. Jalankan Aplikasi e-Faktur dengan menjalankan ETaxlnvoice.exe pada folder aplikasi
2. Lakukan koneksi ke database Aplikasi e-Faktur.
3. Pada saat aplikasi dijalankan pertama kali, lakukan Registrasi Aplikasi e-F aktur.
4. Input data Lawan Transaksi melaui menu Referensi 7 Lawan Transaksi 7 Administrasi Lawan Transaksi atau lmpor data Lawan Transaksi melalui menu Referensi 7
lawan Transaksi 7 Import
5. Input data Barang/Jasa melalui menu Referensi 7 Barang/Jasa 7 Administrasi barang/Jasa atau lmpor data Barang/Jasa melalui menu Referensi 7 Barang/Jasa 7 Import
6. Input data Nomor Seri Faktur Pajak melalui menu Referensi 7 Referensi Nomor Faktur
7. Input atau lmpor data Faktur Pajak melalui menu Faktur
8. Upload data Faktur Pajak melalui menu Management Upload
9. Bual File PDF Faktur Pajak Elektronik melalui menu Faktur
10. Input atau lmpor data Dokumen lain yang dipersamakan dengan Faktur Pajak melalui menu Dokumen lain
11. Lakukan Posting data faktur pajak yang telah dibuat melalui menu SPT 7 Posting
12. Aktifkan SPT PPN 1111 melalui menu SPT 7 Buka SPT
13. Tampilkan SPT lnduk dan lengkapi datanya melalui menu SPT 7 Fonnulir lnduk
14. Rekam data SSP melalui menu SPT 7 Formulir lnduk
15. Tampilkan lampiran SPT dan lengkapi datanya melalui menu SPT 7 Formulir lampiran
16. Buat file untuk pelaporan data SPT melalui menu SPT 7 Buka SPT

Registrasi Penggunaan Aplikasi e-Faktur Pajak
Registrasi hanya dijalankan satu kali pada saal aplikasi e-Faktur Pajak dijalankan pertama kali. Registrasi berfungsi untuk mengaktifkan status sebagai pengguna aplikasi e-Faktur Pajak.
Registrasi Penggunaan Aplikasi e-Faktur Pajak ini lerdiri dari Regislrasi Aplikasi e-F aktur dan Registrasi User Aplikasi e-F aktur

Registrasi Aplikasi e-Faktur
1. Jalankan ETaxlnvoice.exe pada folder aplikasi yang tersedia.
Saal melakukan registrasi aplikasi e-Faktur Pajak, pastikan komputer terhubunq dengan internet. Apabila menggunakan internet proxy, lakukan setting proxy terlebih dahulu pada form Pilih Database dengan mengklik link Seting aplikasi.

2

2. Lakukan koneksi ke database Aplikasi e-Faktur dengan memilih Lokal Database, lalu klik tombol Connect. Pada saat dijalankan pertama kali, akan tampil form Register ETax Invoice.
3. lsi NPWP PKP dengan benar.
4. Klik tombol Open pada Sertifikat User lalu arahkan ke folder penyimpanan Sertifikat User. Pilih file sertifikat digital kemudian klik Open maka akan tampil form Passphrase Certificate.
a. lsi Passphrase dengan benar. Passphrase adalah password/kode yang dimasukkan PKP pada saat meminta Sertifikat Digital ke KPP.
b. Klik tombol OK.

Jika Sertifikat User atau Passphrase yang dimasukkan tidak sesuai maka akan tampil pesan Error. Klik tombol OK dan ulangi kembali registrasi dari langkah nomor 3.

3

5. lsi Kode Aktivasi dengan kode aktivasi yang PKP gunakan untuk meminta Nomor Seri. Faktur Pajak ke KPP.
6. Klik tombol Register maka user akan diminta memasukkan Captcha dan Password.

4

7. Masukkan Capt cha dan Password
a. lsi Captcha dengan benar. Jika tampilan Captcha kurang jelas tekan tombol Refresh.
b. lsi Password dengan password yang PKP gunakan untuk meminta Nomor S.eri Faktur Pajak ke KPP.

5

8.Klik tombol Submit atau tekan (Alt+S)

a.Jika Kode Aktivasi, Password atau Captcha yang dimasukkan benar akan tampil notifikasi “Registrasi User sukses.” Klik tombol OK maka user akan diminta mengisi data user aplikasi. Cara pengisian user aplikasi bisa diliat di sub topik Registrasi User e-Faktur Pajak.

6

b.Jika Kode Aktivasi, Password atau Captcha yang dimasukkan tidak sesuai maka akan tampil notifikasi untuk memasukkan kembali password.
•Klik tombol No, jika user ingin memastikan Kode Aktivasi yang diisi sudah benar. Ulangi kembali proses registrasi dari langkah nomor 4.
•Klik tombol Yes, untuk mengulangi registrasi dari langkah nomor 6.
Catatan : FILE SERTIFIKAT User akan selalu digunakan jika PKP akan melakukan pelaporan Data ke SISTEM DJP. Sehingga jika kita ingin melakukan pelaporan data ke SISTEM DJP harus dipastikan bahwa lokasi penyimpanan File SERTIFIKAT User tidak berubah ketika saat Registrasi awal Aplikasi.
Dalam hal kita memindahkan File Sertifkat User, kita harus mendaftarkan kembali Sertifikat User Tersebut melalui Menu Referensi/ Administrasi Sertifikat.
Registrasi User Aplikasi e-Faktur
Registrasi User e-Faktur
Setelah Registrasi Aplikasi e-Faktur berhasil dilakukan, user diminta mendaftarkan user admin level 0 aplikasi :

7

a.Isi Nama User aplikasi. Tekan Enter untuk pindah ke isian berikutnya.
b.Isi Nama Lengkap dengan nama Penandatangan Faktur Pajak yang dilaporkan ke KPP Pratama.
c.Isi Password Admin aplikasi. Tekan Enter untuk pindah ke isian berikutnya.
d.Isi kembali Password Admin aplikasi. Tekan Enter untuk pindah ke isian berikutnya.
e.Klik tombol Daftarkan User.
Setelah user Admin berhasil ditambahkan, user akan diarahkan ke Login Aplikasi.
User admin level 0 adalah user yang bisa mengakses seluruh data di aplikasi e-Faktur. Penjelasan lebih lanjut di sub topik Kewenangan Akses Data e-Faktur

Login Aplikasi e-Faktur
Untuk dapat menggunakan aplikasi e-Faktur Pajak, lalukan login Aplikasi. Isi Nama User dan Password login aplikasi.

8

Setelah berhasil login, akan tampil halaman awal aplikasi e-Faktur Pajak. Menu – menu yang tersedia sesuai dengan tipe user yang login ke aplikasi.

9

Administrasi Database

Menu Administrasi Database disediakan untuk membuat database baru dan melakukan koneksi ke selain default database. Pada saat dijalankan pertama kali, aplikasi e-Faktur akan membuat database default aplikasi dengan nama ETaxInvoice. Aplikasi e-Faktur akan selalu terkoneksi ke database ETaxInvoice, selama user tidak mengubah koneksi database nya.
Menambah Database Baru
Jika diperlukan user bisa menambah database baru dengan cara sebagai berikut :
1.Pilih menu File à Administrasi Database

10

2.Isikan Nama Database
3.Klik tombol Buat Database. Akan tampil informasi “Database berhasil dibuat.” Klik tombol OK.
4.Database yang dibuat akan tampil di daftar Administrasi Database

11

Koneksi Ke Database Lain
Koneksi ke database selain default database ETaxInvoice, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1.Pilih menu File à Administrasi Database

12

2.Pilih nama database yang akan dipakai
3.Klik tombol Konek ke Database.
4.Akan tampil Informasi “Database Terkoneksi.” Klik tombol OK.

Setelah berhasil terkoneksi ke database selain ke default database ETaxInvoice, Aplikasi e-Faktur masih akan menampilkan data dari database ETaxInvoice. Lakukan refresh(perbaharui) tampilan di setiap menu Aplikasi e-Faktur untuk menyesuaikan tampilan dengan database baru.

Konfigurasi Client Server Aplikasi e-Faktur

Aplikasi e-Faktur memiliki fasilitas mekanisme client-server, yaitu salah satu Personal Computer (PC)/Notebook bertindak sebagai server database dan PC/Notebook lain yang terinstall aplikasi terhubung dengan PC/Notebook yang bertindak sebagai server database tersebut melalui jaringan yang tersedia.

13

Requirement
Prasyarat yang dibutuhkan dan informasi yang perlu diketahui untuk menggunakan fitur Client – Server Aplikasi e-Faktur adalah sebagai berikut:
a.Diperlukan satu unit PC/Notebook yang bertindak sebagai server, Aplikasi e-Faktur harus selalu berjalan karena seluruh data yang direkam dan di-input oleh pengguna akan disimpan dalam database server ini. Aplikasi e-Faktur yang di-install di dalam komputer ini harus melakukan registrasi terlebih dahulu sebagaimana proses registrasi kali pertama dilakukan.
b.Diperlukan satu Unit atau lebih PC/Notebook yang digunakan sebagai client, Aplikasi e-Faktur yang di-install dalam komputer client tidak perlu melakukan registrasi, hanya perlu melakukan konfigurasi sebagaimana dijelaskan selanjutnya. Komputer client tersebut harus terhubung melalui jaringan baik melalui kabel jaringan (LAN) atau menggunakan jaringan nirkabel (wifi). Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat pada sub topik Konfigurasi Client PC.
c.Diperlukan satu unit atau lebih alat penghubung jaringan yaitu switch, hub, atau wifi yang berfungsi untuk menghubungkan antar server dengan client.
d.Koneksi Internet baik menggunakan proxy ataupun langsung, koneksi internet dapat disusun sedemikian rupa sehingga seluruh server-client dapat terhubung dengan internet.
Yang perlu diperhatikan terhadap konfigurasi tersebut adalah sebagai berikut:
a.Hanya PC sebagai server dan dengan user Administrator yang dapat melakukan upload faktur dan/atau membuat faktur.
b.Seluruh PC Client hanya dapat melakukan perekaman dalam aplikasi faktur pajak elektronik, sedangkan approval atau upload faktur dan/atau pembuatan faktur elektronik (file pdf) hanya dapat dilakukan di PC Server dengan user Administrator.
Contoh Simulasi Client Server Aplikasi e-Faktur

14

1.PC A sebagai server berjalan dengan sistem operasi Windows 7 Professional 64bit dengan IP Address 192.168.16.1 sebagaimana gambar berikut:

15

2.PC B sebagai client berjalan dengan sistem operasi Macintosh OSX Mountain Lion 10.8.5 dengan IP Address 192.168.16.128 sebagaimana terlihat berikut:

16

3.PC C sebagai client berjalan dengan sistem operasi Microsoft Windows XP Professional SP3 32bit dengan IP Address 192.168.16.134 sebagaimana terlihat berikut:

17

Konfigurasi Server

1.Jalankan aplikasi ETaxInvoice.exe
2.Lakukan koneksi ke database dengan memilih Lokal Database

18

3.Login sebagai user Administrator

19

4.Buka Menu File àAdministrasi DB, akan tampil form Administrasi Database

20

5.Pilih Database yang akan dipakai. Database secara default adalah ETaxInvoice.
Apabila Database yang akan dijadikan sebagai server bukan database ETaxInvoice. Lakukan koneksi terlebih dahulu ke database tersebut melalui tombol Konek Ke Database.
6.Klik tombol Start Database sebagai Server, akan tampil form Konfigurasi Server
a.Isikan alamat IP Address atau Hostname PC Server
b.Isian Port secara default terisi 1527 (biarkan tanpa diubah)
c.Klik tombol OK, akan tampil konfirmasi untuk melakukan update aplikasi.

21

d.Klik tombol Yes untuk melanjutkan proses Start Database sebagai Server
7.Setelah update aplikasi selesai, pastikan memberi tanda √ di semua checkbox pada form Windows Security Alert yang muncul (proses ini merupakan izin aplikasi untuk dapat melalui firewall yang terpasang di Windows Anda). Kemudian klik tombol Allow Access.

22

8.Konfigurasi database sebagai server berhasil dilakukan

Konfigurasi Client

1.Copykan folder aplikasi e-Faktur ke PC Client.

22

2.Jalankan aplikasi ETaxInvoice.exe
3.Lakukan koneksi ke database server dengan memilih Network Database

23

4.Isikan Hostname/IP Server Database
5.Kolom isian Port secara default 1527 (biarkan tanpa diubah)
6.Kolom isian Nama Database secara default terisi ETaxInvoice. Ganti nama database apabila Database Server yang dipakai berbeda.
7.Klik tombol Connect, akan tampil konfirmasi untuk melakukan update aplikasi.
Apabila PC client tidak diberi akses internet, copy-paste kan aplikasi e-Faktur yang terbaru dari PC Server. Pastikan untuk menghapus folder db yang dalam folder Aplikasi di PC client.

8.Klik tombol Yes.
9.Setelah update aplikasi selesai, lakukan login aplikasi sebagai user.

24

10.Aplikasi client berhasil terkoneksi dengan Database Server

91 Tanggapan so far »

  1. 1

    Hi pak Dul,

    Numpang nanya Pak, kenapa yah menu SPT tidak ada pada komputer client dan hanya ada pada komputer server, meskipun si klien mempunyai level super user atau penandatangan faktur pajak?

    Apakah ada dasar hukumnya?

    Best Regards,
    Eko Iswinarso

  2. 3

    Yudi Darsius said,

    mas dul.. kok aku mentok di input capcha sama masukin password na, gagal mulu.. salah dimana yah? padahal aku bisa masuk ke enova loh?😦 tolongin yah mas.. terima kasih

  3. 7

    min, ko kalau dimasukin capcha sama password engga bisa terus min, sebenernya password yang diisi barengan sama capcha itu password aktivasi bukan min? thx yaa min

    • 8

      doeltea said,

      memang benar input caocha dan pasword masih belum bisa di acess karena server di pajak belum online, nanti bisa coba lagi tanggal 1 juli 2015

  4. 9

    pak , saya numpang tanya,, saya mau instal e faktur tapi pada mau run applikasi mengalami auto update yang selalu gagall.. ada solusinya pak ?

    • 10

      doeltea said,

      Terimakasih
      Coba cek koneksi internetnya, jika ok, coba file efaktur yg dari kantor pajak d copy lagi (di ektrak lagi) kemungkinana ada file yg tdk sempurna pada saat ektrak nya

  5. 11

    Myrna Ibbo said,

    mau nanya pak, gimana cara untuk install aplikasi dan register aplikasi itu sendiri untuk beberapa sertifikat elektronik dalam satu PC/komputer.. mohon pencerahannya. terimakasih Pak..

  6. 13

    mau tanya pak, ini kenapa sudah tanggail 1 juli masih belum bisa register ya?

  7. 15

    Help,.. masih belum bisa registrasi mas.. setelah masukin capcha sama pasword malah keluar Note : User tidak di temukan.. mohon bantuannya

  8. 17

    sudah tgl 1 juli masih belum bisa registrasi. eror etax trus. mohon bantuan nya.

  9. 19

    Susi Susanti said,

    Pak, mau tanya ini saya sudah registrasi, tapi ketika saya masuk lagi autoupdate terus jadi ga bisa masuk. Dan saya juga sempet login, tapi data perusahaan ga bisa dirubah PT nya, bagaimana yaa? mohon solusinya. trmksh.

    • 20

      doeltea said,

      Hapus aplikasinya, extract kembali dan registrasi. sebelumnya reset dulu di aplikasi eNOFA nya, yakinkan pasword, kode aktifasi dan Passphrase itu benar

  10. 21

    Kha Shopedia said,

    Pak doeltea, saya mentok di “Start Database sebagai Server”, pas saya klik Yes, kata nya tidak ada koneksi internet padahal PC server saya ada koneksi internet nya. gimana solusi nya ya ?

  11. 22

    Pak, saya mau koneksikan dari komp saya ke komp administrator. Kok gak bisa2 ya? di komp administrator sudah sesuai dengan petunjuknya, saya jg sudah masukin IP komp administratornya. Salah dimana?
    sebelumnya terima kasih

  12. 25

    tini patty said,

    pagi … Pak mohon infonya, untuk program e faktur, saya sudah menginput namun ketika exit dan masuk lagi data tersebut tidak ada dalam program e-faktur. Bagaimana solusinya.? Thanks

  13. 27

    numpang nanya pak, kalau setiap kali mau buka aplikasi yang muncul form registrasi mulu padahal sudah berhasil registrasi. tolong solusi nya pak

  14. 28

    numpang nanya juga pak dul,

    saya sudah minta sertifikat dari kantor pajak, dan aplikasinya sudah diberikan, ssaya sudah coba instal, tapi jawaban terakhirnya hanya data sudah berhasil di import, tapi aplikasinya sendiri saya tidak tau dapat di mana .
    dan E-faktur windows nya juga gak tau dibukanya dimana .

    MOHON dibantu pak dul,

    Salam …..

  15. 30

    adm and said,

    Alhamdulillah sudah berhasil masuk e-faktur,,

  16. 31

    Kerry Djul said,

    Tolong pak, sudah tanggal 2 Juli ini belum bisa register juga, “user tidak ditemukan”. koneksi internet lancar jaya, hanya pake 1 PC standalone, tidak perlu seting aplikasi kan?

    • 32

      doeltea said,

      Hapus aplikasinya, extract kembali dan registrasi. sebelumnya reset dulu di aplikasi eNOFA nya, yakinkan pasword, kode aktifasi dan Passphrase itu benar

    • 33

      doeltea said,

      untuk 1 PC tidak perlu setting data base

    • 34

      Kerry Djul said,

      Terima kasih Pak jawabannya.
      1.Cara reset aplikasi eNOFA bagaimana? Apa itu juga mereset serti elektroniknya?
      2. Untuk 1 PC tidak perlu setting data base maksudnya sama dengan tidak setting IP server, Port, User Name dan Password pada Setting Aplikasi?

      Mohon bantuan dan konfirmasinya.

      Terima kasih

  17. 37

    pak, saat saya masuk untuk browse sertifikat elektronik itu muncul : failed to decrypt safe contents entry:javax.crypto.badpaddingexception:given final blok not properly padded.
    itu kenapa ya pak, jaringan internet saya normal

  18. 39

    FAJAR MEKAR said,

    database di client tetap default (etaxinvoice). padahal di server sudah berubah. Kenapa yah??

    • 40

      doeltea said,

      copy folder efaktur pada computer server, jalankan efaktur pada computer client, pilih databasenya yg network, tujukan ip pada komputer server.

  19. 41

    DENI IVAN said,

    selamat siang pak saya ingin tanya saya sudah pernah registrasi e-faktur dan berhasil pada awalnya namun pas saya exit dan mau log in lg knapa selalu di minta regis trus ya pak dan ujung2nya gk bisa log in, mohon bantuannya pak, karna bnyk yg seperti ini kasusnya

  20. 43

    saya lum bisa registrasi masih di tahap awal , knp ya bu?
    mohojn bantuaannya

  21. 44

    siang pak..saya sdh registrasi tp pakai yang 32bit..ternyata saya lihat di folder c saya ada 2 folder program file yang seharusnya menggunakan 64bit..
    saya extract lg yang 64 bit trus coba masuk muncul register
    saya register lg muncul tulisan etaxservice-20019 : client sudh diaktifasi

    • 45

      doeltea said,

      pastikan windowsnya pakai yang berapa bit
      ektrak lagi aplikasinya sesuai dengan mode oprasi windows
      usahakan jangan di c:
      masuk ke enofa efaktur.pajak.go.id
      masukan npwp dan pasword
      klo sudah login di pojok kiri bawah ada reset aplikasi client
      ikuti langkah2nya
      setelah sukses coba registrasi ulang
      dan lihat kode aktifasi di enofa pada profil user
      semoga mambantu

  22. 46

    Siang Pak. Apakah bisa memindahkan komputer server ke komputer yang lain?
    Trus pak, saya input DPP di kolom harga jual, tapi pas dipreview kok angka di kolom harga jual berubah jadi senilai PPN ya? Jadi angka di kolom harga jual dan di kolom PPN sama. Angka di kolom DPP yang bener. Padahal saya ga centangin yang + PPN. Dan saya terlanjur klik siap upload. Apakah itu berarti saya harus buat FP pengganti ya Pak?

    • 47

      doeltea said,

      Komputer server bisa di pindah ke komputer lain, dengan catatan file (polder efaktur) di copy terus replease ke komputer client / lain (klo sudah ada aplikasinya tadinya client copy saja data basenya dari server) timpa db yg di client

  23. 48

    mudda ifah said,

    help…. bagaimana jika client sudah diaktifasi, tp aplikasinya tidak ada. kemudian saya coba downloud lagi dan melakukan regristrasi ulang dan hasilnya error. karena client sdh diaktivasi… trimksh sblm nya

  24. 50

    Susi Susanti said,

    Terima kasih pak doel .. sekarang sudah bisa digunakan e-fakturnya ..
    Artikelnya sangat membantu🙂

  25. 52

    Pak tampilan efaktur nama penandatangan malah muncul nama Perusahaan gimana cara gantinya , terimakasih

  26. 54

    pak,
    saya sudah berhasil registrasi tetapi sampai saya memasukkan capcha dan password muncul tulisan sbb:
    ETAX-40005 : Error di service registrasi
    ETAXSERVICE-40002 : User tidak ditemukan.
    Mohon bantuannya pak mengenai ini, terima kasih.

    • 55

      doeltea said,

      Error otu biasanya kesalahn memasukan antar pasword sama aktifasi kodenya, coba di tukar2 paswodnya pake kode aktivasinya

      • 56

        Kalau:
        ETAX-40005 : Error di service registrasi
        ETAXSERVICE-20019 : Client sudah diaktifasi

        Saya coba install ulang dengan mendownload file aplikasi lalu register ulang tetap muncul seperti itu. Sebelumnya juga sudah reset ENOFA.

        Terima Kasih.

  27. 57

    Anastasia Elita said,

    Pak. apakah bisa efaktur ini dikerjakan pada 2 PC/Notebook yang berbeda ? sy sudah mendonlod sertifikat digital dan efaktur di 1 note book. apakah sy buat efaktur hrs di notebook itu bisa tdk di notebook lain?

    • 58

      doeltea said,

      Efaktur bisa di kerjakan pada beberapa computer/ laptop
      Caranya
      1. Copy folder efaktur yang sudah di registrasi
      2. Simpan di partisi d :efaktur
      3. Buka aplikasi efaktur pada computer server (bebas tapi harus tetap masalahnya databasenya hanya satu) klo bisa computer yg specnya bagusan pastikan ip nya sudah static
      4. Klik file  administrasi DB  start data base sebagai server
      5. Yes  ok
      6. Buka aplikasi pada computer yg baru (client)
      7. Klik network database
      8. Isi no IP computer server
      9. User name dan password sama dengan computer server

    • 59

      doeltea said,

      cukup copy paste saja, tidak perlu registrasi ulang

  28. 60

    pak, mau tanya untuk pindah komputer software e faktur bagaimana yah pak? soalnya ini ngga bisa diinstal di 2 komputer. Terima kasih

  29. 63

    selamat siang pak, saya mau nanya nih pak.
    saya sudah bisa menjalankan e faktur dengan baik tapi itu di windows yang 64bit, nah sekarang saya mau ganti laptop yang 32bit langkah apa saja yang harus di lakukan. terimakasih atas jawabanya.

    • 64

      doeltea said,

      klo beda syetem oprasional saya belum coba, itu biasanya tidak bisa, karena klo kita mau pindah system dari 64 bit ke 32 bit harus registrasi, dan registrasi account yang sudah harus di resset client dulu,aplikasi yg sudah di reset tidak bisa di jalankan walaupun pertamanya bisa
      saya sarankan seragamkan system oprasionalnya saja
      erimaksih

  30. 65

    Selamat Siang Pak..Saya menanyakan capcha dan Password tidak masuk terus..disitu tertulis pastikan password PKP dan Capcha..bagaimana solusinya..apakah saya harus reset E-Nofa terlebih dahulu? untuk No. Seri Pajak Faktur sebelumnya saya masih ada sisa No. seri Pajak sebelumnya. Apakah masih bisa dipergunakan untuk melanjutkannya? terima kasih

    • 66

      doeltea said,

      patikan kde aktivasi dan password sudah benar, no seri masih bisa bu, masukan saja no seri faktur yang sudah ada, nanti penggunaannya sesuaikan no yang belum terpakai

  31. 67

    Selamat Siang pak…. terima kasih saran-sarannya sangat bermanfaat. Saya sudah bisa menggunakan e fakturnya. Cuma yang muncul di hasil cetak nama operatornya berbeda bila menggunakan komputer lain. Bagaimana cara merubahnya biar semua faktur yang tercetak dengan nama yang sama. Terima kasih.

  32. 70

    Selamat Pagi Pak,Saya mau tanya.. saya sudah menginstall aplikasi efaktur di laptop A dan sudah regis,serta sudah membuat dan mengupload faktur keluaran.. apakah saya juga bisa menginstall aplikasi efaktur di laptop B? dengan tetep memakai login yang sama dengan laptop A? jadi,secara gampang nya.. ingin memindah laptop untuk membuat efaktur tersebut ke laptop B. karena,laptop A yang dimaskud adalah laptop pribadi, dan laptop B adalah laptop kantor.. sekian dan terima kasih.

  33. 71

    siang pa mau tanya: error failed to decrypt safe contents entry: javax,crypto,badpaddingException: Given final block not properly padded : saat mau masukin Surat Digital dan udah sudah memasukan kode yang benar tapi ko muncul error seperti itu knpa ya …mohon bantuannya

  34. 74

    Dewi Puji said,

    pak.. mohon bantuannya..(1) saya menambahkan administrator user.. saya namai admin 1 & 2.. tetapi kenapa admin tersebut tidak bisa melihat hasil inputan ya? harusnya sebagai admin kan harusnya bisa melihat semua hasil inputan. (2) untuk server saya menggunakan user admin dikomputer server ini.. semua fasilitas muncul dari menambah inputan, merubah sampai mengupload tetapi.. pada saat saya di komputer lain (bukan di komputer server) saya pakai user admin juga.. fasilitas untuk ubah dan uploada tidak ada.. kenapa ya pak?

  35. 75

    Pak Toha numpang tanya…. terima kasih tutorialnya… saya sangat terbantu… waktu selesai instaal efaktur di client berjalan lancar… tetapi sekarang muncul dialog “Internal Exception: java.sql.SQLNonTransientConnectionException: No current connection. Error Code: 4000”. Mohon bantuan solusinya. Terima kasih

  36. 76

    Pak Toha numpang tanya…. terima kasih tutorialnya… saya sangat terbantu… waktu selesai instaal efaktur di client berjalan lancar… tetapi sekarang muncul dialog “Internal Exception: java.sql.SQLNonTransientConnectionException: No current connection. Error Code: 4000″. Mohon bantuan solusinya. Terima kasih

    • 77

      doeltea said,

      server menggunakan windows apa, dan client menggunakan windows apa?
      saran saya jadikan windows xp sebagai servernya dan windows di atasnya sebagai server
      terimakasih

  37. 78

    Assalamualaikum pak Toha, mohon bantuannya..
    Krn aplikasi efaktur sering tertutup sendiri setelah uplod, atas saran KPP kami ganti config nya jadi 3 (1/2 dari RAM–>6).

    Setelah itu kami masih bisa memakainya (blm shut down). Namun keesokan harinya tidak bs dipakai dan tampak pesan:
    “java runtime enviroment not found”

    Mohon solusinya pak….
    bisa saya minta no telp yg bisa dihubungi pak??

    Thx n rgds,
    Hesti

  38. 80

    hay admin mau tanya saya kan udah copy paste data dari pc A ke pc B tapi kok pas di run malah keluar “tidak dapat menghubungi e-taxinvoice server anda harus terhubung dengan internet untuk mengakses service” knapa yaa bisa tolong di bantu please…thank before….

  39. 82

    ketika saya buka ETaxInvoice di aplikasi e faktur pajak keluar pesan “the exe can not be modified after it generated”, itu kenapa ya pak???
    Mohon bantuanya.

  40. 83

    Pak saya mau tanya mengenai upload faktur keluaran.
    pada saat saya klik “start upload” kok muncul form Administrasi Certificate? seharusnya kan muncul Capt cha?
    Mohon pencerahannya Pak.

  41. 84

    ELinda Ex said,

    Pak sy sudah hampir tahap akhir,, download efaktur dll sudah selesai,, tnggal finishing tp blm sukses juga, kemungkinan kendalanya dimana ya?? terima kasih

  42. 85

    ELinda Ex said,

    pak,, boleh sy mnt contact ny,, mau tny2 nich,,, mumett@%#$$$^%$%^&. mksh

  43. 86

    Aly Topan said,

    boleh numpang tanya untuk e nova online import sertifikat hanya bisa untuk satu sertifikat aja atau bisa multi sertifikat

  44. 87

    Nana Diana said,

    Pak, bisa bantu untuk instalasi e-faktur dengan versi mac bagaimana?… segala persyaratan spec dicomputer sudah saya penuhi…. tapi sampai saat ini belum berhasil.

    Terima kasih

  45. 89

    Nur Khodijah said,

    pak ketika awal membuka e-faktur sudah muncul Etax 40001, langkah apa yang sebaiknya saya lakukan pak? terimakasih

  46. 91

    mirda yati said,

    dear pak,
    pak e faktur saya errorr melulu nih, numpang tanya donk pak. saya ada pasang di laptop baru tapi beda versi dari 32bit ke 64 bit, tapi kena virus dan hang lalu, install ulang dengan versi 64 dan harus registrasi ulang, kemudian mindahin db lama jadi db baru saat buat e faktur dengan db lama clien ga dikenal saat mau upload,
    gimana ya cara nyatuin datanya nanti kalo kita pake db baru karena pada saat pembuatan spt ada di dua data jadinya.
    bisa info ga dapatin java version 1 – 7, karena di java sekarang versinya 8, jadi saat buka e invoice ga bisa dia bilang java terlalu tinggi.
    pleas bantu info donk pak.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: